Jumat, 22 April 2016

Review Kingston HyperX FURY DDR3-1866 8GB Kit

Review Kingston HyperX FURY DDR3-1866 8GB Kit

Memori HyperX Fury DDR3-1866 8GB Kit dari Kingston adalah satu produk yang sangat menarik. Seperti yang pernah kami bahas sebelumnya pada artikel tes perbandingan kami, produk tersebut memiliki kemampuan untuk berjalan di kecepatan yang cukup tinggi tanpa perlu konfigurasi khusus dalam BIOS dari pengguna. Pengguna cukup memasang modul memori tersebut ke sistem dan melakukan “Load Optimized Default” di BIOS untuk mendapatkan konfigurasi yang sudah cukup kencang untuk berbagai kebutuhan harian, yaitu di1866Mhz CL 10-11-10!

Pada artikel kali ini, kami akan menunjukkan kepada Anda seberapa mudahnya mendapatkan kecepatan yang kami sebutkan di atas tanpa perlu melakukan konfigurasi khusus apapun di BIOS. Kencang instan? Ya, kami akan membuktikannya!
Kencang Instan: Untuk Apa?
Satu hal yang mungkin ada di pikiran Anda adalah apakah kegunaan dari “kencang instan” seperti yang kami sebutkan di atas? Secara umum, memori yang berjalan di kecepatan lebih tinggi akan memberikan performa ekstra untuk sebuah komputer modern, terutama bila dibandingkan dengan memori yang berjalan pada kecepatan standar 1333 Mhz. Oleh karena itu, memori yang benar-benar memiliki kemampuan untuk berjalan di kecepatan yang lebih tinggi secara otomatis akan sangat membantu, terutama untuk pengguna yang tidak terlalu mengerti konfigurasi BIOS.
Selain itu, kemampuan dari sebuah memori untuk berjalan di kecepatan tinggi tanpa memerlukan konfigurasi apapun membuatnya cocok digunakan oleh pengguna yang ingin “tahu beres”. Umumnya pengguna seperti ini hanya tidak terlalu mengetahui spesifikasi dari memori selain kapasitas saja. Tipe pengguna seperti inilah yang membutuhkan memori “kencang instan” seperti ini untuk mendapatkan kinerja PC yang lebih optimal.
HyperX Fury: Konfigurasi Plug ‘n Play (PnP)

Kingston HyperX Fury memiliki fitur Plug ‘n Play yang memungkinkannya untuk langsung berjalan di kecepatan kecepatan tinggi begitu dipasang ke sistem dan BIOS diatur ke konfigurasi “Optimized Default”. Tentu saja, kecepatan tertinggi dari memori ini akan dipengaruhi oleh dukungan kecepatan yang ada di motherboard yang digunakan. Pihak Kingston sendiri telah menyediakan 3 preset kecepatan memori yang akan secara otomatis digunakan bila sistem mendukungnya, yaitu:
  • 1866 Mhz CL 10-11-10: untuk platform Intel berbasis P67, Z68, Z77, Z87, dan Z97 serta seluruh chipset AMD
  • 1600 Mhz CL 9-10-9: untuk chipset Intel H Series dan B Series, bila digunakan bersama dengan prosesor Core i Series
  • 1333 Mhz CL 8-9-8: untuk chipset Intel H Series dan B Series, bila digunakan bersama dengan prosesor Pentium dan Celeron

Bukan XMP
Sepintas, konfigurasi kecepatan tinggi di HyperX Fury ini mirip dengan apa yang ditawarkan di fitur XMP (eXtreme Memory Preset). Namun, kecepatan tinggi di memori ini bukanlah hasil dari penggunaan XMP. Bila memori menggunakan XMP, Anda masih harus menggunakan melakukan konfigurasi di BIOS untuk mendapatkan kecepatan tersebut. Pada HyperX Fury, Anda benar-benar tidak perlu melakukan konfigurasi apapun karena kecepatan tinggi tersebut tidak diperoleh dari penggunaan XMP.
Gallery
HyperX Fury memiliki beberapa warna berbeda untuk heatspreadernya. Apapun pilihak warna heatspreader Anda, tidak ada perbedaan spesifikasi untuk paket memori ini dengan rating kecepatan yang sama. Untuk pengujian kali ini, kami menggunakan paket yang sama dengan yang kami gunakan di artikel sebelumnya, yaituOverclocking Review: Kingston HyperX Fury DDR3-1866 8GB Kit.




Spesifikasi
  • Nama Lengkap RAM/Part Number: Kingston HyperX FURY DDR3-1866 8GB Kit CL10, HX318C10FWK2/8
  • Informasi Website: klik di sini, atau download datasheet di sini
  • Single-Sided/Double-Sided: Single-sided
  • Frekuensi:  933 Mhz (DDR3-1866Mhz)
  • Timing (CL-tRCD-tRP-tRAS):  10-11-10-30
  • Voltase RAM : 1.5V
  • Timing Lengkap: lihat di bawah


Platform Pengujian
Penasaran dengan efek kecepatan tinggi otomatis yang disediakan oleh Kingston HyperX Fury ini? Kami telah melakukan beberapa pengujian untuk membuktikan performa ekstra yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan fitur “kencang instan” dari HyperX Fury ini. Berikut ini adalah spesifikasi PC yang kami gunakan untuk pengujian ini:
PC 1 (Intel)
  • Prosesor: Core i5-4670K ‘Haswell’ (Max. Turbo Clock 3.8Ghz)
  • Motherboard: MSI Z97 MPOWER
  • VGA: MSI GTX 980 GAMING 4G
  • SSD: Kingston HyperX 3K 240GB
  • PSU: Corsair AX 850 Watt

PC2 (AMD APU)
  • Prosesor: AMD A10-7850K ‘Kaveri’
  • Motherboard: MSI A88X-G45 Gaming
  • VGA: Radeon R7 Integrated (512 Radeon Cores)
  • SSD: Kingston HyperX 3K 240GB
  • PSU: Corsair AX 850 Watt

Satu hal yang perlu ditekankan, peningkatan performa tersebut benar-benar didapatkan secara otomatis, tampa perlu melakukan konfigurasi apapun pada BIOS sistem. Hal itu tentu saja membantu pengguna, terutama untuk pengguna awam yang ingin “tahu beres” dalam mendapatkan performa lebih dari sistem yang mereka gunakan. Langkah Kingston dalam memberikan performa kencang instan ini tentu saja patut diacungi jempol.

HyperX Fury ini hadir dalam berbagai pilihan warna heatspreader yang menarik, yaitu putih, biru, merah, dan hitam. Tentu saja Anda bisa menyesuaikan pilihan warna memori ini sesuai dengan skema warna motherboard yang Anda gunakan atau sesuai dengan selera Anda. Harga dari memori yang satu ini juga tidak jauh berbeda dengan memori DDR3-1600 yang ada di pasaran, walaupun memori ini menyuguhkan kecepatan yang lebih tinggi, 1866 Mhz, yang bisa dirasakan tanpa perlu melakukan konfigurasi apapun pada sistem.


Sumber : jagatreview.com

1 komentar:

  1. Fansbetting aman dan terpercaya
    buruan daftar, main dan menangkan
    PIN BB : 5EE80AFE :)

    BalasHapus